Spesialis Emergensi di Ajang Pramusim MotoGP

  • Home
  • Spesialis Emergensi di Ajang Pramusim MotoGP
Spesialis Emergensi di Ajang Pramusim MotoGP

Event pramusim MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit Nusa Tenggara Barat usai digelar pada 10-12 Februari 2022. Sebanyak 24 pembalap dunia dari 12 tim MotoGP telah menjajal Sirkuit Mandalika sebelum ajang MotoGP digelar pada 18-20 Maret 2022.

Melalui Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi Indonesia (PERDAMSI), dokter Spesialis Emergensi (Sp.Em) digandeng Kemenkes untuk ikut berpartisipasi sebagai tim medis dalam ajang balap dunia ini.  SpEm yang ikut berpartisipasi dalam ajang ini harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Tim Satgas Covid 19, yaitu sistem “bubble”.

Pada sistem bubble ini tenaga kesehatan, kru dan pembalap setelah melalui pintu masuk kedatangan internasional Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, harus menjalani tes PCR. Ketika hasil tes  PCR negatif, untuk Sp.Em akan manjalani sistem bubble di hotel Grand Legi Mataram. Sedangkan jika hasil PCR positif akan dikarantina di RSUD Provinsi NTB.

Selama menjalani sistem bubble peserta hanya bisa bertemu dengan kawan yang ada di satu lokasi bubble. Mobilitas Sp.Em dibatasi hanya di hotel dan sirkuit saja. Tidak  boleh keluar hotel. Pengawasan dilakukan oleh tenaga kesehatan dari RSUD Provinsi NTB dan tenaga kesehatan dari Lombok Tengah.

Sebelum pembalap mencoba sirkuit, tenaga kesehatan diberi pelatihan selama 3 hari. Pada hari pertama, tenaga kesehatan dibawa ke sirkuit untuk dijelaskan aturan-aturan di race sport.  Usai ishoma dan briefing diajak untuk melihat track secara langsung  sambil menghafal tikungan-tikungan yang ada di track.

Hari kedua ialah teori dan simulasi pertolongan terhadap rider. Materi dan simulasi tersebut diulang-ulang hingga sore hari. Hari ketiga kegiatan digabung dengan tim senior untuk review soal aturan-aturan di race. Lalu latihan insersi tim medis ke pos masing-masing di sirkuit.

 Sedangkan hari keempat ialah me-review kembali  semua materi yang sudah dijelaskan di hari sebelumnya. Dilanjutkan dengan pembagian alat kesehatan sekaligus cek alat kesehatan untuk digunakan bertugas saat event pramusim yang berlangsung keesokan harinya.       

Leave a Reply

Your email address will not be published.