Pelayanan Emergensi Medisin

DIVISI

PREHOSPITAL

Dokter spesialis emergensi yang dikhususkan pada pelayanan pra rumah sakit yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus untuk melakukan transfer layanan kesehatan pasien yang terluka atau dalam keadaan kritis dalam situasi pra rumah sakit. Pelayanan ini termasuk tatalaksana awal pada pasien, stabilisasi dan transportasi ambulans dengan perlengkapan khusus dan helikopter medis.

DIVISI

EMERGENCY CARE

Dokter spesialis emergensi yang lebih dalam mempelajari perubahan fisiologis pasien selama di IGD. Hal ini penting karena saat pasien datang sering kondisinya belum jelas diagnosisnya dan membutuhkan observasi dalam waktu kurang lebih 6-8 jam untuk mengetahui apakah terjadi perburukan atau perbaikan yang menjadi pertimbangan penting untuk memulangkan pasien atau merawat pasien.

DIVISI

DISASTER

Dokter spesialis emergensi melakukan prosedur penyelamatan nyawa di luar rumah sakit, seringkali ketika korban masih terperangkap dalam mobil atau gedung- gedung juga dokter spesialis emergensi dikhususkan dalam tata laksana bencana bidang kesehatan.

DIVISI

TOKSIKOLOGI

Dokter spesialis emergensi yang dikhususkan dalam pencegahan evaluasi, tatalaksana dan pengawasan cedera dan penyakit dari paparan terhadap obat atau bahan kimia, bahan biologis dan bahan radiologis terutama di pra rumah sakit dan IGD. Emergensi toksikologi melayani pasien dalam situasi klinis, akademik, pemerintahan, kesehatan masyarakat dan pusat penanganan racun. Area-area penting dari emergensi toksikologi meliputi keracunan obat akut, efek samping obat, penyalahgunaan obat, adiksi dan reaksi putus obat, bahan kimia berbahaya, gigitan dan sengatan beracun.