Prodi Spesialis Emergency Medicine Resmi Berdiri di FKUB

  • Home
  • Prodi Spesialis Emergency Medicine Resmi Berdiri di FKUB
Prodi Spesialis Emergency Medicine Resmi Berdiri di FKUB

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) akhirnya merilis pendirian Program Studi Spesialis Emergency Medicine (PSEM). FK UB merupakan satu satunya perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki PSEM. Launching pendirian PSEM dilakukan di Ruang Senat lantai 9 Gedung Pendidikan Bersama FK UB, Rabu (8/6/2022).

Dalam sambutannya, Dekan FK UB Dr.dr.Wisnu Barlianto, M.Si.Med., SpA(K) mengatakan PSEM sangat diperlukan utamanya pada negara-negara yang termasuk kedalam wilayah rawan bencana, seperti Indonesia.

“Indonesia negara kepulauaan yang sering terjadi bencana sehingga memerlukan peran dokter spesialis yang mengkhususkan pada perawatan pasien gawat darurat,”katanya.

dr. Wisnu mengatakan bahwa sebenarnya PSEM sudah dibuka sejak tahun 2003 melalui SK Rektor UB namun karena ada beberapa hambatan, di tahun 2021 baru ada rekomendasi dari LAM PT KES untuk pembukaan Prodi Spesialis EM UB.

Sementara itu, Rektor UB Prof.Dr.Ir.Nuhfil Hanani, A.R., M.S., berharap kedepan Fakultas Kedokteran bisa menjadi besar sehingga bisa menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

“Mimpi saya suatu saat nanti FK bisa menjadi perguruan tinggi kelas dunia. Semoga melui berdirinya SPEM bisa mendorong di proyeksikan tidak hanya untuk Indonesia tapi juga internasional. Saya sangat bangga dan monggo nanti bisa dikembangkan dan standarnya di internasionalisasikan,”katanya. Acara serah terima SK Rektor tentang izin Pendirian PS PDS Kedokteran Emergensi juga dihadiri oleh Wadir Pendidikan dan Pengembangan Profesi RSUD Dr. Saiful Anwar dr. Mochamad Bachtiar Budianto, SpB(K)Onk, Direktur RS UB Prof. dr. Sri Andarini, M.Kes, dan sejumlah kolegium FK UB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.