Tekan Tombol Sisingo, 15 Menit Ambulans Tiba

  • Home
  • Tekan Tombol Sisingo, 15 Menit Ambulans Tiba
Tekan Tombol Sisingo, 15 Menit Ambulans Tiba
(Jawa Pos Radar Malang, Rabu 6 Juli 2022)

Peluncuran Public Safety Center (PSC) Siji Siji Songo (Sisingo) oleh Pemkab Malang dilakukan di dua lokasi secara bersamaan, yakni  di Gedung Sanika Polres Malang dan Stadion Kanjuruan. Polres Malang menjadi tempat seremoni pemencetan tombol launcing oleh Bupati Malang Drs. HM. Sanusi, MM bersama jajaran Forkopimda.

 Selain dengan kepolisian layanan kedaruratan ini juga berkolaborasi dengan TNI, damkar (pemadam kebakaran), BPBD, hingga PMI Kabupaten Malang. RSUD Kanjuruan di bawah dinkes menjadi leading sector pelaksana emergency quick response tersebut.

“Masyarakt Kabupaten Malang yang membutuhkan layanan darurat kesehatan, ada aplikasi Sisingo. Tinggal tekan tombol 119. Tunggu 15 menit, ambulans sudah ada di tempat,” ujar Sanusi.

Aplikasi PSC 119 terkoneksi dengan 42 ambulans yang semuanya dipasangi dengan satelit pelacak atau GPS (Global Positionig System). Teknisnya, ambulans terdekat yang mengambil sesuai posisi kedaruratan. Puluhan ambulans itu tersebar di 39 puskesmas di 33 kecamatan. Sehingga, PSC Sisingo bisa melayani kedaruratan dengan standar 15 menit.

Berdasarkan analisis para ahli, ada penurunan resiko kematian hingga 40 persen jika quick response berjalan dengan baik. Plt Direktur RSUD Kanjuruan dr. Bobi Prabowo, Sp.Em, KEC, M. Biomed menambahkan, tujuan dari PSC Sisingo adalah safe community atau membuat masyarakat aman.        

“Di Kabupaten Malang, hal itu kami laksanakan melalui kolaborasi dengan TNI Polri, Damkar, BPBD, dan PMI. Kami tidak sendiri-sendiri, tetapi kerjasama dalam satu platform PSC 119,” ujar dr. Bobi kepada Jawa Pos Radar Malang.  

(Sumber: Jawa Pos Radar Malang)

Leave a Reply

Your email address will not be published.